Tiga Jenis Orang

Pada 2017-07-15 11:21:33, dalam Bola Liar

Ki Lembah Manah menatap ketujuh muridnya. Gerimis turun. Pagi ini, di pinggir sebuah sungai, laki-laki tua yang amat disegani dalam dunia persilatan sekaligus ahli membaca lontar, memberi wejangan kepada tujuh orang muridnya yang akan dilepas ke kotapraja.

"Di sana tidak seperti di sini" ujar Ki Lembah Manah sambil menuding ufuk yang jauh, "orang lebih suka berlomba dibanding bekerjasama. Maka pegang teguhlah hal ini: mulailah dengan kekuatan kerjasama. Sebab pada dasarnya manusia bisa bertahan hidup karena bisa bekerjasama. Bukan berlomba. Apalagi bermusuhan."

Lanjut Baca...

Pasangan Makmur

Pada 2017-07-15 11:20:05, dalam Bola Liar

Pagi tadi, sehabis bangun tidur lalu salat Subuh berjamaah, pasangan Mulyadi dan Mardiasih merasa bahagia sekali. Di pekarangan belakang rumah mereka yang sempit, dua pohon cabe berbuah. Juga satu-satunya pohon pisang yang tumbuh pun berbuah. Mereka lalu berbincang di depan kolam kecil, sambil minum teh.

Lima tahun lagi, Mulyadi pensiun sebagai pegawai sebuah perusahaan swasta dengan level menengah. Lebih banyak punya bawahan daripada punya atasan. Mardiasih bekerja sebagai penerjemah dan penyunting di sebuah penerbitan besar. Karena dianggap pegawai senior, ketika anak kedua pasangan ini lahir, Mardiasih diperkenankan bekerja di rumah.

Lanjut Baca...

Tuhan Maha Adil

Pada 2017-06-26 23:39:04, dalam Bola Liar

Lebaran belum tentu saling memaafkan. Di sebuah keluarga besar yang sedang berkumpul, seorang keponakan yang baru menyelesaikan gelar doktornya, bertanya kepada pamannya, seorang wartawan. "Menurut Paman, apakah kita semua nanti masuk surga?"

Sang Paman berusaha menjawab dengan hati-hati. "Saya tidak tahu. Karena yang berhak atas surga itu Tuhan."

Lanjut Baca...

Regol Padepokan

Pada 2017-06-26 23:37:21, dalam Bola Liar

Regol padepokan yang terbuat dari bambu itu dibuka. Satu persatu para alumni padepokan kecil itu masuk.

Padepokan itu memang sepi di saat Lebaran. Beberapa hari sebelum Lebaran tiba, Sang Guru meminta para cantrik untuk pulang ke rumah masing-masing. Paling yang tersisa hanya beberapa puthut (siswa yang sudah hampir lulus), dan beberapa cantrik yang memang tidak pulang karena piket.

Lanjut Baca...

Ibadah sebagai Selingan

Pada 2017-06-26 23:34:20, dalam Bola Liar

Seorang guru memanggil murid kinasihnya yang baru saja lulus, untuk memberi wejangan terakhir.

"Muridku, di luar sana, di dunia yang pikuk, menjalankan salat 5 waktu dan ibadah lain, kadang tidak ada hubungannya dengan tabiat orang...

"Padahal mestinya, makin rajin beribadah, makin lembut perasaannya, makin teduh mukanya, makin jembar hatinya...

Lanjut Baca...